5 Tips Menjaga Kesehatan Mata agar Tidak Minus

Mata minus atau miopi merupakan masalah kesehatan yang banyak terjadi. Mata minus membuat penderitanya sulit melihat objek jarak jauh. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada tips menjaga kesehatan mata agar tidak minus dengan tepat.

Mata minus bisa terjadi karena ada kelainan pada refraksi mata. Struktur bola mata menjadi lebih panjang dan bentuknya cekung pada bagian kornea mata (bagian depan mata).

Kondisi ini membuat cahaya yang masuk mata tidak bisa fokus dengan objek jarak jauh. Jadi, objek tersebut akan tampak kabur. Selengkapnya, simak uraian berikut!

Tips Menjaga Mata agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Mata agar Tidak Minus
Tips Menjaga Kesehatan Mata agar Tidak Minus

Mata minus dapat terjadi karena beberapa faktor, yakni kebiasaan membaca tidak benar, faktor keturunan atau genetik, dan kondisi lingkungan. Namun, faktor penyebab tersebut bisa diantisipasi dengan tips jaga kesehatan mata yang tepat, ini tipsnya:

1. Kurangi Waktu Menatap Layar Gadget

Hindari kebiasaan bermain gadget secara berlebihan, karena bisa membuat mata tegang, lelah, dan kering. Risiko jika kebiasaan ini terus dilakukan adalah pandangan menjadi kabur, nyeri leher, bahu, punggung, dan sakit kepala.

Untuk mencegahnya, Anda harus mengistirahatkan mata per 20 menit sekali. Arahkan pandangan selain ke layar gadget, misalnya dengan melihat pemandangan sekitar.

2. Pastikan Pencahayaan Ruangan Pas

Hentikan membaca dalam ruangan dengan cahaya redup. Kondisi demikian membuat mata mudah lelah dan kering. Membaca sebaiknya dilakukan pada ruangan dengan pencahayaan cukup.

Saat pengaturan cahaya harus berdasarkan kondisi mata Anda. Mata plus, minus, maupun silinder butuh pencahayaan tertentu agar dapat melihat objek dengan jelas.

3. Lakukan Senam Mata

Senam mata adalah tips untuk menjaga kesehatan mata bagian otot mata. Ini langkah-langkahnya:

  • Duduklah dengan nyaman
  • Tutup mata.
  • Gerakkan mata ke atas sesuai kemampuan Anda dan tahan beberapa waktu.
  • Pandangan turunkan ke bawah dan ulangi berkali-kali.
  • Buka mata serta lihat sekitar.
  • Tutup mata kembali. Saat kondisi mata tertutup, lirik kiri dan kanan dan ulangi beberapa kali.
  • Buka mata kembali dan melihat sekitar.
  • Tutup mata kembali. Lirik arah diagonal, kanan atas menuju kanan kiri.
  • Gantian dari kiri atas menuju kanan bawah dan ulangi beberapa kali.
  • Buka mata.
  • Pejamkan mata lebih kencang dan kediplah berkali-kali.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Menjaga kesehatan mata bisa dengan mengonsumsi makanan bergizi. Konsumsi makanan dengan kandungan Vitamin A,C,E, karotenoid, zink, dan asam lemak omega-3.

Jenis makanan tersebut adalah jeruk, wortel, ikan salmon, sayuran berdaun hijau, telur, kacang-kacangan, dan sebagainya. Vitamin A,C, dan E terdapat kandungan antioksidan yang bisa menurunkan risiko degenerasi makula.

5. Periksakan Mata dengan Rutin

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin ke dokter mata. Untuk tips menjaga kesehatan mata anak, lakukan pemeriksaan setidaknya 2 tahun sekali. Untuk orang dewasa usia 40 tahun ke atas adalah setahun sekali.

Pemeriksaan rutin bisa mencegah penyakit mata berbahaya, misalnya glaukoma, katarak, dan degenerasi makula. Mengetahui kelainan pada mata dengan segera akan mempercepat pengobatan mata.

Demikian penjelasan tentang tips penting menjaga kesehatan mata yang mudah dipraktikkan. Bagi Anda yang ingin mengetahui info obat yang tepat untuk kesehatan mata, bisa konsultasi dengan https://pafikotabengkulu.org/.

Tinggalkan komentar